Thursday, April 11, 2013

“ROAD TO INDONESIA YOUTH FORUM 2013”



Betapa bangganya ketika nama saya tercantum dalam Acceptance Letters dari panitia bahwa saya terpilih menjadi Official Delegates Indonesia Youth Forum (IYF) 2013 bersama 199 orang lainnya.

Indonesia Youth Forum (IYF) adalah forum pertemuan para pemimpin muda Indonesia dan membahas tentang peran generasi muda dalam implementasinya terhadap berbagai macam aktivitas untuk pencapaian MDGs, Isu-isu global, Inovasi saat ini, dan pemberdayaan aspek-aspek strategis untuk generasi muda. Lebih hebatnya lagi, IYF akan menghadirkan para pemimpin baik di bidang pemerintahan, dunia usaha dan lainnya.
IYF yang ke 2 ini akan dilaksanakan di Bandung pada 23-26 mei di Bandung jawa Barat dengan tema Kreasi Muda Indonesia : Stand Up, Speak Up, Take Action yang akan dihadiri oleh 250 orang pemuda (Official Delegates) dari seluruh penjuru Indonesia. Maka IYF merupakan media yang strategis untuk membangun jaringan diantara anak muda Indonesia dalam upaya membangun komunitas yang sinergis diantara para oemimpin muda di lingkungannya dalam upaya mencari ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat menjadi solusi dan menjadikan nilai tambah bagi semua pihak.
Perjuangan panjang yang dilalui memanglah bukan hal yang mudah, untuk terpilih menjadi salah satu delegasi IYF saya harus bertarung menghadapi 1013 orang lainnya dari seluruh penjuru negeri dan mengikuti rangkaian seleksi yang dilaksanakan oleh panitia IYF. Mulai dari membuat dokumen yang terdiri dari pembuatan Social Project, membuat essay mengenai deskripsi diri, tujuan mengikuti IYF dan alasan mengapa saya harus menjadi delegasi IYF. Semua hal tersebut dituangkan dalam tulisan untuk diseleksi menjadi 250 terpilih menuju tahap interview. Perjuangan dilanjutkan dengan interview, karena beberapa hambatan informasi yang masuk ke email saya yang ternyata masuk ke folder spam, saya telat mendapatkan informasi jadwal wawancara. Untungnya saja, panitia masih memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti wawncara susulan pukul 11 malam menggunakan via telefon. Proses wawancara berjalan cukup baik dan komunikatif, itulah hebatnya pemuda, tak lekang oleh waktu dalam mencapai tujuannya.
Saya sangat mengapresiasi kegiatan IYF ini, dan tujuan saya mengikuti ini adalah  realisasi tanggung jawab saya sebagai pemuda untuk bangsa  dalam upaya mewujudkan usaha pemerintah yang tertuang dalam Pancasila dan MDGs. Selain itu saya ingin memperluas relasi saya dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi yang tujuannya sama-sama ingin membangun Indonesia ke arah yang lebih baik.. Selain itu saya ingin mencapai efektifitas hidup saya dengan menyalurkan minat dalam berbagai kegiatan positif seperti IYF. Selain sebagai ajang menambah informasi dan relasi,  saya juga ingin mengimplementasikan sosok pemuda yang memiliki jiwa pemimpin didalam kehidupan saya.
            Kegiatan yang akan dilakukan selam 4 hari di Bandung ini sangat representatif dan solutif. Saya akan sedikit membocorkan rangkaian acara IYF pada mei nanti, yaitu : Kirab Kebangkitan Nasional, Penanaman 1000 pohon harapan di sungai Cikapundung, Bakti desa, Pagelaran Kebangkita Budaya Nusantara, Kampanye Indonesia minum susu, Tobacco Control, HIV-AIDS, 1000 Pemuda mencari pemimpin Indonesia, Indonesia Youth Creative Art, Performance&Exhibition, Workshop, Meet the Leaders, Meet the CEO, World cafe, Outbond, ISYF Award, Merah Putih Gaya Gue dan masih banyak lagi. Sungguh menjadi kesempatan terbaik saya selama menjadi Pemuda Indonesia dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang luar biasa di IYF ini, semoga acara ini dapat menginspirasi pemuda di seluruh penjuru Indonesia untuk bersama membangun Indonesia yang lebih baik, dan mengusung The Real Act Social Movement, sehingga semua tujuan dapat tercapai.
(Gina Tryapriliyanti – Psikologi UPI)

No comments:

Post a Comment